Minggu, 30 Juni 2019

Goes To Malang

Assalamualaikum Wr.Wb.

Sudah lama sekali saya tidak menulis di blog saya, dikarenakan sibuk mengurusi tugas akhir kuliah. Sebenarnya sekarang ini saya lagi sibuk-sibuk nya melamar pekerjaan, namun ada waktu senggang maka mencoba menulis di blog kembali. Sebenarnya saya jarang menulis di blog, tapi tiba-tiba pengen aja gitu.

“MALANG” ya! sebuah kota yang terletak di daerah Jawa Timur ini terkenal banget dan termasuk Travel list nya orang Indonesia. Saya pergi ke Malang sebenarnya dari tahun 2017, namun baru bisa bercerita dan review sekarang ini. Saya pergi bersama dengan sahabat-sahabat saya. Mereka teman kelas dikampus saya, yang menurut saya mereka tuh klop banget sama saya. Nama kelompok kami adalah CRAF singkatan dari Crazy Friends. Rencana Vacation ini sebenarnya sudah di rundingkan dari tahun pertengahan 2016. Niat nya kami ingin pergi ke Bandung karena lebih dekat, namun karena kota Malang lebih menarik perhatian ditambah salah satu teman saya bersama dengan temannya pergi kesana dan menceritakannya kepada kita, mau nggak mau kita jadi makin tertarik dong! ke Malang. Akhirnya di putuskan kalau kita Ke Malang.

Karena kita anak-anak yang tidak mau menyusahkan orang tua. Setelah berdiskusi akhirnya kita memutuskan untuk menabung disalah satu sahabat saya. Kami sudah hitung-hitungan, dimulai mencari calon-calon hotel, agent travel, tiket kereta, tiket wisata, list-list tempat wisata yang mau dikunjungi, uang transport disana, dan kebutuhan lainnya. Mulai rencana akhir tahun 2016, dan di awal tahun 2017 kami mulai menabung 1 minggu sebesar Rp. 50.000. Setelah hasil hitung-hitungan target uang tabungan kami yang harus dicapai adalah Rp. 1.500.000. Rencananya kami akan ke Malang nya pada saat libur pergantian semester gajil ke genap yaitu bulan Agustus. Kami berlibur 5 hari 4 malam di Malang. Saya akan merincikan alur-alur dari awal hitungan sampai akhirnya tercapai liburannya.

1. Mencari Hotel

Kami menggunakan aplikasi Traveloka untuk mencari hotel yang sesuai untuk kita. Sesuai dalam arti nyaman dan pas di budget. Ini adalah tugas saya, saya memilih yang sesuai yang nantinya saya screenshoot dan di share ke grup Line kami. Karena kami masih awam banget soalnya kami pertama kali pergi ke luar kota tanpa adanya orang tua. Kami pun meminta review ke teman saya yang sudah pergi ke Malang. Nama Hotel nya adalah The Batu Hotel & Villas, hotel ini terletak di daerah Batu dan cukup strategis untuk ke tempat wisata yang ada didaerah Batu.

Hotel ini memiliki berbagai macam jenis kamar dari yang buat backpacker dorm, junior room, deluxe room, suite room, cottage, dan villa. Harga nya pun sesuai untuk kantong mahasiswa seperti kami. Saya memesan kamar deluxe + dengan kasur tambahan yang mampu menampung 5 orang. Sebenarnya kami ada ber 6 namun satu orang tidak ikut karena masalah ijin orang tua. Saya booking lewat website langsung hotel nya. Tanya-tanya lewat WA akhirnya deal dan tranfers, admin nya sangat ramah sekali. Namun ada suatu hal yang membuat saya kecewa dengan pelayanan yang diberikan hotel ini. Pertama, saya sampai di hotel pada tanggal 20 Agustus 2017, kami datang saat tengah hari dan check in jam 2 siang maka kami makan siang dahulu di hotel tersebut. Setelah makan kami memutuskan ke lobby karena disana disediakan meja billiard dan permainan lainnya. Kami pun memainkan bola billiard, namun sayang nya ketika kami memainkan permainan yang lain salah satu staff nya mengambil tongkat untuk permainan billiard tersebut. Sehingga membuat kami merasa “Apakah kami mengganggu sekali?” padahal hotel dalam keadaan sepi, dan kami tidak terlalu berisik. Ok mungkin kami mengganggu namun tegur kami jangan seperti itu. Kedua, check in lama sekali seharusnya jam 2, kami harus menunggu 30 menit dengan alasan “kamar belum rapih”. Padahal kami datang kesana tidak bertepatan dengan high season dan tidak terlalu ramai yang menginap disana. Ketiga, di hotel ini terdapat 2 tipe tempat tidur yaitu Twin bedroom dan King bedroom. Saya memesan yang king bedroom namun kami mendapatkan Twin Bedroom, saya mencoba ingin pindah kamar tapi tidak bisa. Mungkin ini biasa saja bagi kalian, tapi bagi saya tidak seharusnya seperti ini service nya kurang sekali, kami yang menyatukan kasurnya tanpa dibantu. Sebenarnya bagus sekali hotel nya, review dari teman saya pun berkata bagus. Tapi yah mungkin lagi kurang beruntung saja. Dari 5 bintang saya kasih 4 bintang. Walaupun service nya kurang namun suasana dan lokasi yang strategis menjadi nilai plus. Saya kaget sekali karena perbedaan harga kamar yang jauh berbeda sekali. Di tahun 2017 deluxe room masih Rp. 289.000/malam (versi website) tapi di tahun 2019 ini untuk ruangan itu harganya Rp. 595.000/malam (versi website). Untuk di Traveloka harga per malam nya Rp. 365.400 lumayan sekali selisish nya.

2. Tiket Kereta Api

Masih menggunakan aplikasi yang sama yaitu traveloka, kami berangkat dari Jakarta pada tanggal 19-08-2017 dan perkiraan tanggal 20-08-2019 sampai di kota Malang. Kami naik kereta Majapahit kelas ekonomi pada pukul keberangkatan jam 18.15 dengan harga tiket Rp. 270.000/org. Untuk kereta pulang kami menggunakan kereta api Matarmaja seharga Rp. 109.000/org.

3. Agent Travel

Untuk nyari agen perjalanan itu harus banget teliti, kita mencari service yang bagus namun budget nya pas di kanton mahasiswa. Awalnya kami direkomendasikan kepada teman kami yang sudah ke bromo duluan dan memakai agen ini. namun karena lumayan mahal, saya pun mencari-cari dan akhirnya ketemu. Nama agen perjalanannya Lepas Suntuk, sedikit info aja jadi LS ini adalah bentukan perkumpulan (aku lupa UKM apa bukan) salah satu PTN di Malang. Agen ini dulu tidak terlalu diketahui oleh para traveller karena masih kecil, namun dari tahun ke tahun agen mereka sudah semakin meningkat, yang awalnya hanya di Malang saja mulai merambah ke daerah Bali dan Lombok. Di Tahun 2017 kami memesan 2 paket, yaitu paket Bromo dan Pantai Malang Selatan, Tour Guide nya ramah-ramah dan kebetulan masih mahasiswa juga. Untuk paket Bromo dikenakan harga Rp.329.000/org itu sudah termasuk, driver, BBM, penjemputan di kota Batu, Jeep, dan dokumentasi. Untuk paket pantai Malang selatan Rp. 159.000/org dan dapet ke 4 pantai bebas yang mana saja. Murah bukan? sudah termasuk dokumentasi lohh. Service nya bagus banget sumpah suka pokoknya. Namun saya agak kecewa, tahun 2018 saya ke Bali memakai agen ini juga namun tidak ada dokumentasi, setelah saya cek ternyata sekarang sudah tidak ada lagi, kecuali paket bromo dan kalau mau ada tambahan biaya (exclude harga paket). Untuk yang Bali saya akan tulis cerita selanjutnya. Kalau ada yang mau kepo silahkan ke akun IG nya : lepassuntuk.

4. Tempat Wisata

Untuk tempat wisata ini kami cari-cari apa saja wisata yang ada di kota Batu dan Malang. Banyak banget namun kami nggak mungkin menjelajahi semuanya. Berikut tempat wisata yang kami kunjungi:
Kota Batu :
a. Museum Angkut   : Rp. 95.000/org
b. Selecta                   : Rp. 25.000/org
c. BNS                      : Rp. 40.000/org (weekend)
d. Jatim Park 1 & Museum Tubuh    : Rp. 95.000/org (waktu itu ada promo)

Kota Malang :
a. Jodipan      : Rp. 2.500/org
b.  MNP          : Rp. 30.000/org
(*Harga tiket tersebut saat di tahun 2017 ya, maaf jika sudah ada perubahan harga tiket)

5. Transportasi

Untuk kendaraan disana kami mengandalkan Gojek dan Grab, namun harus hati-hati ya jadi kami diceritakan oleh salah satu driver bahwa kota Malang tuh di tahun 2017 masih belum menerima transportasi online jadi kalau ada yang mesen grab/gocar di stasiun harus jalan dulu ke RS apa gitu saya lupa, dan sering banget terjadi perampasan HP pada saat mesen gocar/grab jadi tetap hati-hati ya!!. Namun saat kami sampai, kami tidak tau bahwa kota itu masih belum menerima, kami pesen pesen aja dan kami disuruh ke depan parkiran motor gitu nggak jauh dari pintu keluar stasiun, dan kebetulan juga yang angkut kami itu dia ada lah Taxi yang merambah ke transportasi online jadi nggak terlalu bahaya lah. Ternyata di sana banyak yang sudah jadi dupir taxi tapi tetep narik via online. Kisaran harga nya tuh dari kota Malang ke hotel kami (di Batu) Rp. 50.000.

6. Kebutuhan lain-lain

Kebutuhan lain disini tuh menyangkut makan, jujur sebenarnya kami fikir makan ditanggung masing-masing namun ternyata saat disana uang tabungan kami cukup untuk membeli makanan yah nggak setiap hari juga cuma lumayan lah hehehe.  Buat keperluan pesta juga, jadi kami liburan sekaligus merayakan anniv kami yang ke 2 tahun seperi balon, bunting flag, kue, lilin, dan lainnya. Selain itu keperluan yang kalau misal ada kekurangan dalam liburan kami.

Berikut adalah jadwal kami disana:

Hari/Tgl
Keterangan
Sabtu/19-08-17
18.15 WIB - OTW ke Malang dari St.Pasar Senen
Minggu/20-08-17
10.30 WIB - Sampai Malang
12.00 WIB - Sampai di hotel makan siang
14.00 WIB – Check in hotel (agal telat)
18.30 WIB – BNS
12.00 WIB – Sampe hotel dari bromo
16.00 WIB – Museum angkut
Rabu/23-08-17
09.00 WIB – Selecta (sarapan makan disini)
12.00 WIB – Pusat oleh-oleh (balik ke hotel)
14.00 WIB – Jodipan
18.30 WIB – MNP (Malang Nigth Paradise)
Kamis/24-08-17
08.00 WIB – Pantai malang (sampai malam)
19.00 WIB – Pusat oleh-oleh
Jumat/25-08-17
10.00 WIB – check out sambil makan siang
11.30 WIB – Ke stasiun malang
14.00 WIB – Balik ke Jakarta (lupa tepat jam berapa nya)
Sabtu/26-08-17
08.00 WIB – Sampai Jakarta
*waktu tersebut tidak tepat banget ya, jadi ada yang lewat gitu misal jam 08.00 tapi sebenar jam 8 lewat.

Semua biaya total tidak sampai Rp. 1.500.000 kok. Budget segitu belum termasuk ongkos masing-masing dari kami ya. Baik, itu lah perencanaan saya dan sahabat saya semoga bisa membantu kalian yang lagi pengen liburan. Yah sebenarnya saya tidak tau membantu atau tidaknya tulisan ini. Saya hanya ingin bercerita saja. Terima Kasih

Wassalamualaikum Wr.Wb

Senin, 02 Oktober 2017

Komunikasi Bisnis

Apa itu Komunikasi Bisnis?

Jawab: Komunikasi adalah suatu proses pertukaran informasi antar individu melalui suatu sistem yang biasa, baik dengan simbol-simbol, sinyal-sinyal, maupun perilaku atau tindakan. (Menurut Himstreet & Baty dalam bukunya Business Communications Principles and Methods) . Jadi, Komunikasi Bisnis adalah komunikasi yang digunakan dalam dunia bisnis yang mencakup berbagai macam bentuk komunikasi, baik komunikasi verbal maupun komunikasi nonverbal untuk mencapai tujuan tertentu.
Sumber : Djoko Purwanto, 2006, Komunikasi Bisnis Edisi 3, Erlangga, Jakarta. (via books.google.co.id)

Kenapa kita harus belajar Komunikasi Bisnis?

Jawab:Saat ini segala hal berhubungan dengan komunikasi, baik dalam kehidupan sehari-hari, dalam dunia pendidikan formal maupun dalam ruang lingkup bisnis. Komunikasi merupakanelemen terpenting yang diberikan Tuhan kepada manusia, karena dengan komunikasi kita menjadi mahluk hidup bukan benda lagi, komunikasi bisa menghidupkan nyawa sosial yang menjadi harapan kita untuk tetap berperan sebagai manusia.Selain komunikasi ada juga faktor penting yang harus kita lakukan, yaitu bisnis, yah bisnis, karena dengan bisnis kita bisa menghasilkan simbiosis mutualisme untuk memenuhi kebutuhan dan hasrat hidup kita sebagai manusia.Komunikasi adalah persepsi dan aspresiasi. Bisnis dan komunikasi sebagai satu proses sosial, kita akan sampai pada kesimpulan bahwa komunikasi adalah bisnis dan sebaliknya, bisnis adalah komunikasi.Kemajuan di bidang transformasi informasi (TI komunikasi) juga berlangsung sangat pesat, sehingga informasi tentang keadaan tertentu dapat disampaikan tanpa tergantung jarak geografis. Kemajuan dibidang komunikasi (media massa) telah mempengaruhi pola-pola bisnis antarmanusia.

Bagaimana pelaksanaan Komunikasi Bisnis?

Jawab:Suatu perusahaan hanya akan merealisasikan tujuannya jika setiap petugasnya berkerja secara effisien dan ada kerjasama antara petugas yang satu dengan yang lain. Salah satu faktor yang memungkinkan ialah adanya hubungan baik antara pimpinan dan bawahan. Cara-cara yang dilakukan badan usaha antara lain pertemuan,berbicara melalui telepon,mengirim email,berbicara langsung, pemberian laporan, pemberian petunjuk dan pemberian perintah. Agar terdapat suatu hubungan yang baik maka cara-cara tersebut harus terpelihara dengan baik.Komunikasi secara garis besar terbagi menjadi dua,yaitu Komunikasi kedalam dan Komunikasi keluar.Komunikasi kedalam yang dimaksud adalah sesuai dengan tujuan kepada siapa warta itu disampaikan. Dibedakan menjadi dua yaitu Vertikal dan Horizontal, Komunikasi Vertikal yaitu proses penyampaian dari pihak pimpinan ke pegawai dan sebaliknya. Masing-masing komunikasi bertujuan untuk menjamin hubungan yang baik antara pimpinan dan bawahan dan mengkoordinasi kegiatan bawahan itu agar tertuju kepada tujuan perusahaan. Komunikasi keatas diwujudkan dalam bentuk penyampaian laporan-laporan.Komunikasi keluar adalah antara pihak atasan dengan pihak luar diwujudkan dengan telpon,berbicara langsung, atau dengan pengiriman surat.

Nama                                    : Andhisa Gita Pratiwi
NPM                                     : 11214034
Blog                                      : http://dhisaelf.blogspot.co.id/
Asal SMA                             : SMA Plus PGRI Cibinong
Tahun Lulus SMA                : 2014

Jumat, 09 Juni 2017

Deskripsi Tenatang Saya

Nama saya Andhisa Gita Pratiwi, saya lahir di Bekasi pada tanggal 10 Agustus 1996. Agustus nanti umur saya beranjak 21 tahun, saat ini saya duduk di bangku kuliah semester 6 di Universitas Gunadarma. Saya termasuk orang yang pertama kali kenal saya mungkin saya dikira pendiam,pemalu,dan sebagainya. Namun jika sudah kenal saya lama maka akan terlihat sisi sebenarnya saya. Saya tipe yang memang sulit dalam bersosialisasi, namun kalau sudah kenal saya lebih lama maka saya termasuk orang yang mudah diajak berteman. Saya termasuk orang yang rajin dan disiplin. Saya akan membuka diri saya lebih dalam jika saya bertemu dengan teman yang menurut saya sudah enak diajak bicara dan saya percayai. Saya gampang sekali Badmood, biasanya jika saya badmood saya akan berbicara dengan teman saya tertawa bersama atau mendengarkan musik.

Saya sangat suka sekali dengan Anime (kartun jepang) & manga (komik jepang), saya akan merasa senang dan lebih terbuka jika saya bertemu dan berteman dengan seseorang yag memiliki kesukaan yang sama dengan saya. Saya juga suka musik, namun saya lebih tertarik musik dari jepang dan musik indonesia tahun 2000-an. Disaat libur biasanya saya lebih suka di dalam kamar jarang sekali keluar rumah, namun jika saya ada janji maka saya akan pergi hang out dengan teman. Saya termasuk kedalam orang yang netral, karena jujur saya sangat tidak suka dengan ada nya perselisihan. Saya rasa itu cukup untuk mendeskripsikan tentang saya walaupun tidak terlalu banyak tapi itu intinya.

Terima kasih sudah menyempatkan waktu untuk membaca :D