Apa
itu Komunikasi Bisnis?
Jawab: Komunikasi adalah suatu proses
pertukaran informasi antar individu melalui suatu sistem yang biasa, baik
dengan simbol-simbol, sinyal-sinyal, maupun perilaku atau tindakan. (Menurut
Himstreet & Baty dalam bukunya Business
Communications Principles and Methods) . Jadi, Komunikasi Bisnis adalah
komunikasi yang digunakan dalam dunia bisnis yang mencakup berbagai macam
bentuk komunikasi, baik komunikasi verbal maupun komunikasi nonverbal untuk
mencapai tujuan tertentu.
Sumber :
Djoko Purwanto, 2006, Komunikasi Bisnis
Edisi 3, Erlangga, Jakarta. (via books.google.co.id)
Kenapa
kita harus belajar Komunikasi Bisnis?
Jawab:Saat ini segala hal berhubungan
dengan komunikasi, baik dalam kehidupan sehari-hari, dalam dunia
pendidikan formal maupun dalam ruang lingkup
bisnis. Komunikasi merupakanelemen terpenting yang diberikan Tuhan
kepada manusia, karena dengan komunikasi kita menjadi mahluk hidup bukan
benda lagi, komunikasi bisa menghidupkan nyawa sosial yang menjadi harapan kita
untuk tetap berperan sebagai manusia.Selain komunikasi ada juga faktor penting
yang harus kita lakukan, yaitu bisnis, yah bisnis, karena dengan bisnis kita
bisa menghasilkan simbiosis mutualisme untuk memenuhi kebutuhan dan hasrat
hidup kita sebagai manusia.Komunikasi adalah persepsi dan aspresiasi. Bisnis
dan komunikasi sebagai satu proses sosial, kita akan sampai pada kesimpulan
bahwa komunikasi adalah bisnis dan sebaliknya, bisnis adalah
komunikasi.Kemajuan di bidang transformasi informasi (TI komunikasi) juga
berlangsung sangat pesat, sehingga informasi tentang keadaan tertentu dapat
disampaikan tanpa tergantung jarak geografis. Kemajuan dibidang komunikasi
(media massa) telah mempengaruhi pola-pola bisnis antarmanusia.
Sumber : http://www.pendidikanekonomi.com/2016/03/pentingnya-komunikasi-yang-efektif.html(Ditulis oleh Wiki Pebriant)
Bagaimana pelaksanaan Komunikasi Bisnis?
Jawab:Suatu perusahaan hanya akan
merealisasikan tujuannya jika setiap petugasnya berkerja secara effisien dan
ada kerjasama antara petugas yang satu dengan yang lain. Salah satu faktor yang
memungkinkan ialah adanya hubungan baik antara pimpinan dan bawahan. Cara-cara
yang dilakukan badan usaha antara lain pertemuan,berbicara melalui
telepon,mengirim email,berbicara langsung, pemberian laporan, pemberian
petunjuk dan pemberian perintah. Agar terdapat suatu hubungan yang baik maka
cara-cara tersebut harus terpelihara dengan baik.Komunikasi secara garis besar
terbagi menjadi dua,yaitu Komunikasi kedalam dan Komunikasi keluar.Komunikasi
kedalam yang dimaksud adalah sesuai dengan tujuan kepada siapa warta itu
disampaikan. Dibedakan menjadi dua yaitu Vertikal dan Horizontal, Komunikasi
Vertikal yaitu proses penyampaian dari pihak pimpinan ke pegawai dan
sebaliknya. Masing-masing komunikasi bertujuan untuk menjamin hubungan yang
baik antara pimpinan dan bawahan dan mengkoordinasi kegiatan bawahan itu agar
tertuju kepada tujuan perusahaan. Komunikasi keatas diwujudkan dalam bentuk
penyampaian laporan-laporan.Komunikasi keluar adalah antara pihak atasan dengan
pihak luar diwujudkan dengan telpon,berbicara langsung, atau dengan pengiriman
surat.
Sumber : https://araisyahfitria.wordpress.com/2015/04/18/tugas-komunikasi-bisnis-komunikasi-dalam-bisnis/
Nama :
Andhisa Gita Pratiwi
NPM :
11214034
Asal SMA :
SMA Plus PGRI Cibinong
Tahun Lulus SMA :
2014
Tidak ada komentar:
Posting Komentar