1.1 Teknologi
Sistem Komputer
Sistem Komputer
Sistem Komputer
Sistem Komputer adalah suatu
jaringan elektronik yang terdiri dari perangkat lunak dan perangkat keras yang
melakukan tugas tertentu (menerima input, memproses input, menyimpan
perintah-perintah, dan menyediakan output dalam bentuk informasi).Secara fisik, Komputer terdiri
dari beberapa komponen yang
merupakan suatu sistem.
Sistem Perangkat Keras & Perangkat Lunak:
Sistem Perangkat Keras & Perangkat Lunak:
Perangkat keras komputer
(hardware) adalah semua bagian fisik komputer, dan dibedakan dengan data
yang berada di dalamnya atau yang beroperasi di dalamnya, dan dibedakan dengan perangkat lunak (software) yang menyediakan
instruksi untuk perangkat keras dalam menyelesaikan tugasnya.Komponen komputer ini termasuk dalam kategori elemen perangkat keras (hardware).
Berdasarkan fungsinya, perangkat keras komputer dibagi menjadi :
1. input divice (unit masukan)
Input device adalah unit yang berfungsi sebagai media untuk memasukkan data dari luar kedalam suatu memori dan processor untuk diolah guna menghasilkan informasi yang diperlukan. Input devices yang umumnya digunakan personal computer (PC)adalah Keyboard, mouse, joystick, touch pad, dan lain-lain.
2. Process device (unit Pemrosesan)
Process device adalah peralatan yang terdiri atas beberapa komponen hardware yang saling berhubungan dalam bertugas menerima input data, yang selanjutnya diproses menjadi informasi kepada brainware.
3. Output device (unit keluaran)
Output device adalah alat untuk menghasilkan informasi yang diperoleh dari hasil pemrosesan, yang dapat digolongkan menjadi empat bentuk, yaitu tulisan (huruf, angka, simbol khusus), image (dalam bentuk grafis atau gambar), suara dan bentuk lain yang dapat dibaca oleh mesin (machine-readable form).
4. Backing Storage ( unit penyimpanan)
Backing Storage adalah alat yang berfungsi sebagai penyimpan data dari hasil pemrosesan oleh process device.
Berdasarkan fungsinya, perangkat keras komputer dibagi menjadi :
1. input divice (unit masukan)
Input device adalah unit yang berfungsi sebagai media untuk memasukkan data dari luar kedalam suatu memori dan processor untuk diolah guna menghasilkan informasi yang diperlukan. Input devices yang umumnya digunakan personal computer (PC)adalah Keyboard, mouse, joystick, touch pad, dan lain-lain.
2. Process device (unit Pemrosesan)
Process device adalah peralatan yang terdiri atas beberapa komponen hardware yang saling berhubungan dalam bertugas menerima input data, yang selanjutnya diproses menjadi informasi kepada brainware.
3. Output device (unit keluaran)
Output device adalah alat untuk menghasilkan informasi yang diperoleh dari hasil pemrosesan, yang dapat digolongkan menjadi empat bentuk, yaitu tulisan (huruf, angka, simbol khusus), image (dalam bentuk grafis atau gambar), suara dan bentuk lain yang dapat dibaca oleh mesin (machine-readable form).
4. Backing Storage ( unit penyimpanan)
Backing Storage adalah alat yang berfungsi sebagai penyimpan data dari hasil pemrosesan oleh process device.
5. Periferal ( unit tambahan)
Periferal tambahan adalah peralatan yang bisa ditambahkan untuk keperluan tertentu.
contohnya adalah modem untuk koneksi ke internet, webcame untuk menampilkan
gambar pengguna komputer yang terhubung dengan pengguna lainnya ditempat yang
berbeda. Alat ini tidak berpengaruh dengan sistem komputer.
Perangkat lunak
(software) komputer adalah sekumpulan data elektronik yg disimpan dan diatur oleh
komputer, data elektronik yg disimpan oleh komputer itu dapat berupa program
atau instruksi yg akan menjalankan suatu perintah. Ada beberapa fungsi dari
perangkat lunak (software) diantaranya:
-
memproses data atau perintah / instruksi hingga mendapat hasil atau
menjalankan sebuah perintah perintah.
-
Sebagai sarana interaksi yg menghubungkan atau menjembatani pengguna
komputer (user) dengan perangkat keras.
Golongan Perangkat Lunak (Software)
Perangkat lunak ini dibagi menjadi tiga
golongan, yaitu:
1.Sistem Operasi
Software sistem operasi merupakan suatu
software komplek yg mempunyai banyak fungsi.
§
Fungsi yg pertama adalah untuk mengatur semua perangkat keras komputer yang
terhubung dengan CPU.
§
Fungsi yang kedua adalah menerjemahkan segala aktivitas pemakai kepada CPU
agar segala yang diperintahkan oleh pemakai dapat dikerjakan oleh CPU.
§
Fungsi yang ketiga adalah mengatur semua proses yg terjadi di dalam CPU.
Contoh program berbasis windows hanya
dapat dijalankan di pada sistem operasi windows tidak dapat dijalankan di linux
kecuali menggunakan program converter.Saat ini sudah terdapat berbagai jenis
software sistem operasi yg dapat di gunakan seperti dari perusahaan yg paling
terkenal sebagai pembuat sistem operasi yaitu “Microsoft” dan beberapa produk
yg sudah diluncurkan di antaranya adalah Microsoft Windows (Windows 98, Windows
2000, Windows XP, dan Windows Vista, Windows 7 dan Windows 8) sedangkan
pesaingnya ada dari Linux (Mandrake, Ubuntu, dan Redhat) dan juga
dari Apple.
2. Bahasa Pemrograman
Bahasa pemrograman (programming language)
adalah bahasa yg digunakan untuk membuat program itu sendiri. Ada banyak bahasa
pemrograman contohnya Bahasa C, C++, Visual Basic, Pascal, Borland, HTML, PHP,
JAVA, dan masih banyak lagi. Untuk menunjang pembuatan harus menggunakan
perangkat lunak yang digunakan untuk merancang atau membuat program sesuai
dengan struktur dan metode yang dimiliki oleh bahasa program itu sendiri.
3. Program Aplikasi
Program aplikasi merupakan software yang
mempunyai fungsi khusus sesuai dengan tujuan pembuatannya. Program aplikasi
merupakan software yang banyak digunakan untuk membantu menyelesaikan tugas
tertentu, seperti untuk membuat surat, mendengarkan musik, menonton film,
menghitung sejumlah angka, dan masih banyak lagi. Contoh program aplikasi
seperti Microsoft word, excel, power point, Winamp, Media player classic,
calculator, dll.
1.2 Teknologi Sistem Telekomonukasi
Komponen Sistem Telekomunikasi
Sistem telekomunikasi adalah sistem
untuk mengkomunikasikan data atau informasi dari satu lokasi ke lokasi yang
lain. Untuk mengkomunikasikan data atau informasi dari satu tempat ke tempat
yang lain. Terdapat lima jenis komponen yang saling berinteraksi
membentuk sistem komunikasi data tersebut yaitu:
1.Pesan
Pesan adalah informasi ( data) untuk dikomunikasikan. Bentuk populer dari informasi termasuk teks, angka, gambar, audio, dan video.
2.Pengirim
Pengirim adalah perangkat yang mengirimkan pesan data. Hal ini dapat berupa komputer, workstation, handset telepon, kamera video, dan sebagainya.
3.Penerima
Penerima adalah perangkat yang menerima pesan. Hal ini dapat berupa komputer, workstation, handset telepon, televisi, dan lain.
Pesan adalah informasi ( data) untuk dikomunikasikan. Bentuk populer dari informasi termasuk teks, angka, gambar, audio, dan video.
2.Pengirim
Pengirim adalah perangkat yang mengirimkan pesan data. Hal ini dapat berupa komputer, workstation, handset telepon, kamera video, dan sebagainya.
3.Penerima
Penerima adalah perangkat yang menerima pesan. Hal ini dapat berupa komputer, workstation, handset telepon, televisi, dan lain.
4.Media transmisi
Media transmisi adalah jalur fisik dimana pesan berjalan dari pengirim ke penerima. Beberapa contoh media transmisi termasuk kabel twisted-pair, kabel koaksial, kabel serat optik, dan gelombang radio.
5.Protokol
Protokol adalah seperangkat aturan yang mengatur komunikasi data. Ini merupakan kesepakatan antara perangkat yang saling berkomunikasi. Tanpa protokol, dua perangkat mungkin akan terhubung tapi tidak dapat berkomunikasi, orang yang berbicara Prancis tidak dapat dipahami oleh orang yang berbicara bahasa Jepang.
Media transmisi adalah jalur fisik dimana pesan berjalan dari pengirim ke penerima. Beberapa contoh media transmisi termasuk kabel twisted-pair, kabel koaksial, kabel serat optik, dan gelombang radio.
5.Protokol
Protokol adalah seperangkat aturan yang mengatur komunikasi data. Ini merupakan kesepakatan antara perangkat yang saling berkomunikasi. Tanpa protokol, dua perangkat mungkin akan terhubung tapi tidak dapat berkomunikasi, orang yang berbicara Prancis tidak dapat dipahami oleh orang yang berbicara bahasa Jepang.
Kurir
Telekomunikasi,ISDN,Topologi Jaringan,& Macam Jaringan
Kurir telekomunikasi adalah perusahaan yang menyediaka jas kenal transmisi Contohnya Telkom dan
indosat. Asal mula munculnya ISDN pit lebar bermula ketika pembuatan trial
broadband selesai pada jaringan lokal bigfon di berlin pada tahun 1984 hingga
kemudian pada tahun yang sama penggunaan ISDN mulai d ISDN
Salah satu jasa leased line yang mempunyai prospek adalah : ISDN (Integrated Service Digital Network)
1. Menggunakan pulsa digital
2. Tidak menggunakan modem
3. Mempunyai jalur yg lebar, sehingga dpt membawa sekaligus secara simultan : suara, data, teks dan video.
Salah satu jasa leased line yang mempunyai prospek adalah : ISDN (Integrated Service Digital Network)
1. Menggunakan pulsa digital
2. Tidak menggunakan modem
3. Mempunyai jalur yg lebar, sehingga dpt membawa sekaligus secara simultan : suara, data, teks dan video.
ISDN atau yang sering disingkat dengan Integrated Sevices Digital Network merupakan sebuah desain untuk jaringan telepon/telekomunikasi yang semuanya digital.
ISDN pada komunikasi data untuk mengirim suara, data, citra, video, dan data apapun yang butuhkan. ISDN dirancang untuk menyediakan antarmuka tunggal meliputi hardware dan protokol komunikasi pada komunikasi telepon, mesin fax, komputer, video-phone, dan mikrowave. ISDN juga dapat didefinisikan sebagai pengembangan dari jaringan telepon IDN (Integrated Digital Network) yang menyediakan hubungan digital dari ujung satu pelanggan ke ujung pelanggan lain secara digital untuk proses transformasi informasi dalam bentuk suara, data dan gambar.
Topologi Jaringan adalah jaringan dari sistem
komunikasi data yang melibatkan sebuah atau lebih node (sumber – sumber daya)
yang dihubungkan dengan jalur transmisi membentuk suatu sistem. Istilah node
menunjukkan sumber – sumber daya seperti terminal komputer, printer, dan lain
sebagainya. Sedangkan istilah jalur transmisi (link) menunjukkan media
penghubung kabel, microwave atau satellite. Bentuk dari jaringan ini disebut
dengan topology (topologi) dasar dari jaringan komputer dapat berbentuk :
1.
Jaringan bentuk bintang (star network).
2.
Jaringan bentuk bus (bus network).
3.
Jaringan bentuk lingkaran (loop network).
4.
Jaringan bentuk cincin (ring network).
5.
Jaringan bentuk berjenjang pohon (hierarchical tree
network).
6.
Jaringan bentuk laba – laba (web network).
7.
Jaringan bentuk meta (meta network).
Penjelasan
1. Star Network.
Menghubungkan dengan node pusat yang membentuk jaringan seperti bentuk bintang, semua komunikasi ditangani dan diatur oleh central node. Central node melakukan semua tanggung jawab untuk mengatur arus informasi diantara node lainnya. jika node yang satu ingin berkomunikasi dengan node lainnya, maka harus melewati central node. Central node dapat berupa komputer besar yang dihubungkan dengan node lainnya yang berupa client server systems yaitu mini komputer atau komputer mikro.
Menghubungkan dengan node pusat yang membentuk jaringan seperti bentuk bintang, semua komunikasi ditangani dan diatur oleh central node. Central node melakukan semua tanggung jawab untuk mengatur arus informasi diantara node lainnya. jika node yang satu ingin berkomunikasi dengan node lainnya, maka harus melewati central node. Central node dapat berupa komputer besar yang dihubungkan dengan node lainnya yang berupa client server systems yaitu mini komputer atau komputer mikro.
2. Bus Network.
Menghubungkan beberapa node dalam jalur data atau bus masing – masing node dapat melakukan tugas – tugas operasi yang berbeda – beda. Dalam bus network tidak ada central node dan semua node mempunyai status yang sama, kecuali sebuah node yang dapat ditentukan sebagai server sebagai client server system (Client Server System).
Menghubungkan beberapa node dalam jalur data atau bus masing – masing node dapat melakukan tugas – tugas operasi yang berbeda – beda. Dalam bus network tidak ada central node dan semua node mempunyai status yang sama, kecuali sebuah node yang dapat ditentukan sebagai server sebagai client server system (Client Server System).
3. Loop Network.
Merupakan hubungan antar node secara serial dalam bentuk suatu lingkaran tertentu. Dalam bentuk ini tidak ada central node semua mempunyai statis yang sama, kecuali ingin ditentukan sebuah node menjadi sebuah server.
Merupakan hubungan antar node secara serial dalam bentuk suatu lingkaran tertentu. Dalam bentuk ini tidak ada central node semua mempunyai statis yang sama, kecuali ingin ditentukan sebuah node menjadi sebuah server.
4. Ring Network.
Merupakan gabungan dari loop network dan bus network. Jika salah satu node tidak berfungsi atau rusak maka tidak akan mempengaruhi komunikasi node lainnya, karena terpisah dari jalur data. Hal ini berbeda dengan lopp network, bila salah satu node rusak maka akan mempengaruhi node lainnya. Berbeda dengan bus network jika ada link yang rusak di ring network, maka tidak akan mempengaruhi hubungan antar node, karena dapat lewat link lainnya.
Merupakan gabungan dari loop network dan bus network. Jika salah satu node tidak berfungsi atau rusak maka tidak akan mempengaruhi komunikasi node lainnya, karena terpisah dari jalur data. Hal ini berbeda dengan lopp network, bila salah satu node rusak maka akan mempengaruhi node lainnya. Berbeda dengan bus network jika ada link yang rusak di ring network, maka tidak akan mempengaruhi hubungan antar node, karena dapat lewat link lainnya.
5. Hierarchical Tree Network.
Dari namanya ini berbentuk seperti pohon bercabang yang terdiri dari central node. Dihubungkan dengan node lain secara berjenjang. Central node biasanya berupa large computer atau mainframe computer sebagai host komputer yang merupakan jenjang tertinggi yang bertugas mengkoordinasi dan mengendalikan node jenjang dibawah ini yang dapat berupa mini komputer atau micro komputer.
Dari namanya ini berbentuk seperti pohon bercabang yang terdiri dari central node. Dihubungkan dengan node lain secara berjenjang. Central node biasanya berupa large computer atau mainframe computer sebagai host komputer yang merupakan jenjang tertinggi yang bertugas mengkoordinasi dan mengendalikan node jenjang dibawah ini yang dapat berupa mini komputer atau micro komputer.
6. Web Network atau Mesh Networkatau Plese Network
Adalah merupakan bentuk network yang masing – masing node dalam network dapat berhubungan dengan node lainnya, melalui beberapa link. Suatu bentuk web network yang mempunyai n buah node akan menggunakan link sebanyak n dikalikan (n – 1)/2 buah. Web network digunakan bila diinginkan semua node dapat dihubungkan satu dengan yang lainnya.
Adalah merupakan bentuk network yang masing – masing node dalam network dapat berhubungan dengan node lainnya, melalui beberapa link. Suatu bentuk web network yang mempunyai n buah node akan menggunakan link sebanyak n dikalikan (n – 1)/2 buah. Web network digunakan bila diinginkan semua node dapat dihubungkan satu dengan yang lainnya.
7. Meta Network atau Hybrid Network
Adalah suatu network dari network atau gabungan dari beberapa network.
Adalah suatu network dari network atau gabungan dari beberapa network.
Macam – Macam Jaringan dapat diklasifikasikan berdasarkan
beberapa hal, yaitu berdasarkan letak geografisnya, network dapat juga
diklasifikasikan sebagai jaringan local dan jaringan luar. Berdasarkan
arsitekturnya, network dapat diklasifikasikan sebagai berikut :
1.
Jaringan
Lokal.
2.
Tele
Processing Systems.
3.
Client
Server Systems.
4.
Resource
Sharing Systems.
5.
Distributed
Data Processing.
a. Jaringan lokal.
Berdasarkan letak geografisnya jaringan dapat diklasifikasikan sebagai jaringan lokal dan jaringan luar. Jaringan lokal menghubungkan sumber – sumber daya lokal didalam area yang sama, seperti misalnya dalam satu gedung yang sama. Karena masih dalam satu area yang sama, biasanya jaringan lokal banyak menggunakan media kabel untuk menghubungkan sumber – sumber daya yang akan dihubungkan. Jaringan lokal dapat berupa Private Branch Exchanges (PBX) dan Local Area Network (LAN).
Berdasarkan letak geografisnya jaringan dapat diklasifikasikan sebagai jaringan lokal dan jaringan luar. Jaringan lokal menghubungkan sumber – sumber daya lokal didalam area yang sama, seperti misalnya dalam satu gedung yang sama. Karena masih dalam satu area yang sama, biasanya jaringan lokal banyak menggunakan media kabel untuk menghubungkan sumber – sumber daya yang akan dihubungkan. Jaringan lokal dapat berupa Private Branch Exchanges (PBX) dan Local Area Network (LAN).
b. Tele Processing
Systems.
Model paling klasik dari jaringan komputer adalah tele processing system yang hanya menggunakan sebuah komputer dan banyak terminal. Umumnya sistem ini menggunakan komputer besar atau main frame, karena semua data atau proses akan dilakukan di komputer pusat, maka terminal yang dihubungkan oleh komputer pusat ini hanya digunakan untuk mengerjakan input – output. Terminal – terminal tersebut disebut dumb terminal. Hubungan terminal – terminal dengan komputer pusat dihubungkan dengan jalur kabel, microwave dan satellite. Semua data dan program – program aplikasi tersimpan di hardisk komputer pusat.
Model paling klasik dari jaringan komputer adalah tele processing system yang hanya menggunakan sebuah komputer dan banyak terminal. Umumnya sistem ini menggunakan komputer besar atau main frame, karena semua data atau proses akan dilakukan di komputer pusat, maka terminal yang dihubungkan oleh komputer pusat ini hanya digunakan untuk mengerjakan input – output. Terminal – terminal tersebut disebut dumb terminal. Hubungan terminal – terminal dengan komputer pusat dihubungkan dengan jalur kabel, microwave dan satellite. Semua data dan program – program aplikasi tersimpan di hardisk komputer pusat.
c. Client Server
System.
Untuk tele processing system dilakukan oleh komputer pusat yang dilakukan oleh komputer besar. System tele processing sistem yang dihubungkan dengan ribuan terminal akan terasa lambat, oleh karena itutele processing system hanya menggunakan data text bukan gambar atau graphic.
Untuk tele processing system dilakukan oleh komputer pusat yang dilakukan oleh komputer besar. System tele processing sistem yang dihubungkan dengan ribuan terminal akan terasa lambat, oleh karena itutele processing system hanya menggunakan data text bukan gambar atau graphic.
d. Resource Sharing
System.
Mirip dengan client server yaitu mendistribusikan semua proses program aplikasi ke client, tetapi dengan perbedaan bahwa DBMS berada di masing – masing komputer pusat. Untuk client server system DBMS berada di komputer pusat yang berfungsi sebagai data base server. Untuk resource sharing system DBMS tidak berada di komputer pusat sehingga komputer pusat bukan sebagai data base server tetapi lebih ke file server.
Mirip dengan client server yaitu mendistribusikan semua proses program aplikasi ke client, tetapi dengan perbedaan bahwa DBMS berada di masing – masing komputer pusat. Untuk client server system DBMS berada di komputer pusat yang berfungsi sebagai data base server. Untuk resource sharing system DBMS tidak berada di komputer pusat sehingga komputer pusat bukan sebagai data base server tetapi lebih ke file server.
e. Distributed Data
Processing System (DPP).
Jika pada resource sharing system dan client server system menggunakan data bus yang tercontrol maka DPP menggunakan data bus yang didistribusikan untuk masing – masing komputer local.
Jika pada resource sharing system dan client server system menggunakan data bus yang tercontrol maka DPP menggunakan data bus yang didistribusikan untuk masing – masing komputer local.
Sumber:
Nice min
BalasHapus